Powered By Blogger

Sabtu, 12 Februari 2011

|

PENGERTIAN BLOG



Blog, tiga tahun yang lalu mungkin kata tersebut masih asing, tapi kini merupakan kewajiban untuk memilikinya seperti masa email booming dulu. Blog adalah semacam buku harian yang di pajang di internet. Disamping sebagai catatan pribadi si empunya blog, juga sebagai tempat saling sharing pengalaman pribadi masing-masing. Dan yang menjadi asiknya, catatan pribadi kita bisa di-comment si pembaca.

Blog meupakan kependekan dari weblog. Weblog berasal dari kata web dan log. Web dapat diartikan jaringan internet, sedangakan log berasal dari kata logbook. To log adalah kata kerja yang diturunkan dari kata benda logbook, yang berarti melkukan pencatatan dalam buku log.


Dalam dunia teknologi informasi, kata log berkembang sedemikian rupa sehingga memiliki arti melakukan pencatatan secara sistematis terhadap pemrosesan data ( data processing ).

Sejarah blog bisa jadi setua sejarah internet itu sendiri. Bahkan sebuah sumber mengatakan bahwa situs web yang pertama kali ada merupakan blog yang pertama juga. Situs web tersebut adalah http://www.w3.org/History/19921103-hypertext/WWW/News/9201.html.

Pada awal dimulainya era internet, komunitas digital sering kali “menggoreskan” catatan mereka pada medi-media seperti Use-net, GEnie ( General Electric Network For Information Exchange ), Bulletin board system atau BBS serta mailing list.

Sebelum akhirnya berevolusi menjadi blog modern seperti saat ini, pada tahun 1994 mulai bermunculan orang-orang yang sering melakukan pencatatan kegiatan mereka di web. Catatan tersebut dikenal dengan nama Online Diary (OnDi) atau Online Journal dan biasanya dicantumkan pada situs mereka.

Penulis on line diary tersebut dikenal dengan nama diarist atau kadang disebut juga dengan escribitionist. Para diarist ini akhirnya saling berkenalan dan membentuk webring berisi on line diary mereka.

Dari komunitas kecil pada diarist atau escribitionist inilah akhirnya blog berkembang menjadi sekarang ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Alyzha Anandya panggil aja gue icha , haha . gue orangnya gitu deh kata orang orang gue cerewet minta ampun haha . gue ingin kalian berteman denganku bukan semata karena kecantikanku aja . .:) HAHA kalo mau lebih kenal ym : alyzhanandya

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers